Minggu, 16 September 2012

Asal Minyak Bumi

Dari Mana Datangnya Minyak Bumi
Langsung aja guys, sebenarnya dulu saya hanya tahu minyak itu berasal dari pertamina berupa minyak tanah, bensin, solar, pertamax, dan aftur yang didistribusikan melalui agen-agen ataupun SPBU. Memang benar sih produk-produk itu berasal dari pertamina tapi setelah di olah, nah sekarang saya akan membahas sedikit asal-muasal minyak bumi yang belum di olah. Check it out!!
 Faktor Pembentukan minyak dan gas bumi atau salah satunya antara lain :
1.     Batuan Asal (source rock)
Suatu batuan penghasil hidrokarbon, yang saya satu salah satunya batuan shale
2.    Perpindahan (Migrasi)
Proses dimana hidrokarbon berpindah dari batuan asal (source rock) ke batuan reservoir (reservoir rock). Mengapa bisa berpindah ?, yang pernah saya dengar karena sifat alami suatu fluida yang mencari tempat keseimbangannya yaitu dari tekanan dan temperatur yang tinggi ke suatu tempat dengan tekanan dan temperatur yang lebih rendah. Batuan reservoir antara lain limestone yang berpori-pori dan ukurannya cukup menampung hidrokarbon tersebut.
3.     Perangkap (entrapment) Geologis
Hidrokarbon yang terus berpindah tadi akan terperangkap di suatu batuan dengan syarat batuan tersebut harus kedap terhadap hidrokarbon atau sering disebut impermeabel rock. Mengapa batuan tersebut dapat terbentuk sebagai perangkap?, karena adanya aktiftas pergerakan bumi yang berkesinambungan seperti gempa bumi atau letusan gunung api. Dari aktifitas ini dapat terbentuk perangkap seperti patahan atau lipatan antiklin.
Selain ketiga faktor diatas ada hal lain yang penting yaitu temperatur, hidrokarbon dapat terbentuk pada suhu 107oC-177oC. Dan hidrokarbon akan terurai pada suhu 260 oC.
Apa saja komponen pembentuk minyak bumi ?
Jika ditanya rumus molekul minyak bumi, langsung saya jawab tidak tahu.  Karena Minyak Bumi merupakan rantai hidrikarbon yang rumit terdiri dari 85% karbon (C), 15%hidrogen (H). Selain itu ada bahan organik dalam jumlah kecil yang ikut sebagai pembentuk antara lain sulfur (S), oksigen (O), dan Nitrogen (N).
Apakah ada perbedaan dari jenis-jenis minyak bumi?
Ya, ada 4 macam jenis minyak bumi digolongkan berdasarkan umur dan letak kedalamannya, yaitu :
1.     Young shallow
Minyak bumi yang biasanya bersifat masam (sour), mengandung bahan aromatik, sangat kental dengan kandungan sulfur yang sangat tinggi.
2.    Old shallow
Dibandingkan dengan young shallow, biasanya tidak begitu kental, titik didih lebih rendah, dan rantai parafin lebih pendek.
3.     Old Deep
Minyak bumi yang membutuhkan waktu paling lama dalam pembentukannya, titik didih yang paling rendah dan viskositas sangat encer. Minyak ini disebut minyak mentah yang paling “sweet”. Minyak bumi seperti ini sangat diinginkan karena dapat menghasilkan bensin dalam jumlah sangat banyak.
4.    Young Deep
Dapat dibedakan berdasarkan penjelasan Old deep sebelumnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pembentukan minyak bumi?
Para geologist telah setuju bahwa minyak bumi terbentuk selama jutaan tahun yang berasal dari organisme, tumbuhan dan hewan, berukuran sangat kecil yang hidup dilautan purba. Begitu organisme ini mati, akan terkubur oleh pasir dan lumpur didasar laut. Hal ini terjadi secara terus sehingga akan terbentuk batuan yang mengandung zat organik, lapisan demi lapisan akan terbentuk. Timbul pertanyaan, jika proses pembentukan terjadi dilaut, mengapa kegiatan eksploitasi sebagian didarat. Alasannya selain karena migrasi, hal lain adalah adanya penyusutan air laut selama jutaan tahun.
Deposit yang membentuk batuan endapan umumnya tidak cukup mengandung untuk mendekomposisi material organik tadi secara komplit. Bakteri yang mengurainya, molekul demi molekul sehingga terbentuk material yang kaya karbon dan hidrogen. Tekanan dan temperatur yang semakin tinggi dari lapisan-lapisan batuan diatasnya mendistilasi sisa-sisa bahan organik, lalu pelan-pelan mengubahnya menjadi minyak dan gas bumi. Batuan yang mengandung minyak bumi ditemukan berumur lebih dari 600 juta tahun dan yang paling muda 1 juta tahun. Secara umum umur batuan yang mengandung minyak bumi sekitar 10-270 juta tahun.

Sumber referensi :
buku pintar migas indonesia
Geologi minyak dan gas bumi jilid 1 edisi kedua (R.P.Koesoemadinata)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar